Syarat dan Ketentuan Penggunaan Layanan MyESB


Dengan mengaktifkan, mengakses, atau menggunakan Layanan MyESB yang dimiliki dan dikelola oleh PT Esensi Solusi Buana (“ESB” atau “Kami”), anda (“Anda” atau “Pengguna”) mengakui bahwa Anda telah membaca, mengetahui, memahami, dan setuju untuk terikat oleh, dan tunduk pada syarat dan ketentuan Layanan MyESB disini (“Syarat Dan Ketentuan”). Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami. Berikut adalah penjabaran mengenai Syarat dan Ketentuan Layanan MyESB:

Pasal 1: Definisi
  1. “Anda” atau “Pengguna” adalah setiap pihak yang menggunakan Layanan MyESB untuk tujuan menerima tagihan dan melakukan pembayaran secara digital atas produk/jasa ESB yang Anda gunakan.
  2. “Akun MyESB” adalah suatu akun pada Platform yang hanya dapat diakses oleh Anda untuk menggunakan Layanan MyESB.
  3. “Platform” adalah situs yang dimiliki dan dikelola oleh ESB untuk menyediakan Layanan MyESB.
  4. “Layanan MyESB” adalah layanan yang bersifat tambahan dimana hanya diberikan oleh ESB kepada para pelanggan yang membeli/menggunaka produk/jasa ESB, dimana layanan ini memiliki fungsi untuk : a) menginformasikan tagihan biaya atas produk/jasa ESB yang Anda gunakan; b) menyediakan fasilitas pembayaran secara digital untuk produk/jasa ESB yang Anda gunakan; dan c) melacak/menelusuri jumlah transaksi pembayaran dan kewajiban yang masih tertagih atas penggunaan produk/jasa ESB yang Anda pesan/nikmati.
  5. “PT Esensi Solusi Buana” atau “ESB” adalah suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan teknologi untuk bisnis makanan dan minuman.
  6. “Syarat dan Ketentuan” adalah dokumen yang berisi seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab antara Anda dan Kami dalam menggunakan dan menyediakan Layanan MyESB, beserta perubahannya dari waktu ke waktu.
Pasal 2: Mekanisme Pengguna Layanan

Pengguna hanya dapat menikmati Layanan MyESB setelah Pengguna masuk ke Akun MyESB dengan menginput email dan password yang diinformasikan oleh ESB.

Pasal 3: Layanan MyESB
  1. Terkait dengan Layanan MyESB dengan fungsi penginformasian tagihan biaya atas produk/jasa ESB yang Anda gunakan, maka Anda setuju bahwa tagihan yang diinformasikan oleh ESB tersebut merupakan bentuk kewajiban terutang Anda yang wajib Anda penuhi kepada ESB.
  2. Terkait dengan Layanan MyESB dengan fungsi menyediakan fasilitas pembayaran secara digital untuk produk/jasa ESB, Pengguna wajib melakukan pembayaran atas produk/jasa yang dipesan/dinikmati Pengguna melalui MyESB sesuai dengan jumlah tagihan, cara pembayaran, dan jangka waktu pembayaran yang telah diinformasikan oleh ESB kepada Anda. Anda melepaskan ESB dari segala bentuk klaim/tuntutan atas kerugian yang Anda derita yang disebabkan kelalaian Anda untuk melakukan pembayaran sesuai dengan informasi yang tercantum dalam tagihan, termasuk dan tidak terbatas pada kejadian dimana:
    1. Dalam hal Anda melakukan kelebihan pembayaran dari jumlah seharusnya,  kelebihan pembayaran sudah tidak bisa dikembalikan/dicairkan lagi.
    2. Pengenaan denda kepada Anda diakibatkan keterlambatan/kekurangan atas kewajiban Anda melakukan pembayaran barang/jasa ESB yang Anda pesan/nikmati.
  3. Terkait dengan Layanan MyESB dengan fungsi melacak/menelusuri jumlah transaksi pembayaran dan kewajiban yang masih tertagih atas penggunaan produk/jasa ESB yang Anda pesan/nikmati, Anda setuju bahwa data transaksi yang tercantum dalam MyESB merupakan hasil atau dipengaruhi dari data yang pernah Anda input dan informasikan, hasil negosiasi, aktivitas, transaksi yang pernah Anda lakukan atas barang/jasa yang disediakan ESB, dan/atau perikatan yang pernah Anda buat dengan ESB, baik yang dilakukan melalui Platform ataupun di luar Platform.
  4. ESB memiliki hak untuk mengakhiri Layanan MyESB ini kepada Anda secara sepihak apabila Anda melanggar ketentuan yang tercantum dalam Syarat dank ketentuan ini dan hukum yang berlaku atau atas kebijakan sepihak ESB.
Pasal 4: Kewajiban, Pernyataan, dan Jaminan
  1. Dengan mengakses Layanan MyESB, Pengguna menerima tanpa batasan atau kualifikasi, dan setuju untuk menggunakan Layanan MyESB hanya untuk tujuan yang sah dan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, dan Pengguna setuju untuk tidak:
    1. Menggunakan Layanan MyESB dengan cara apapun yang akan melumpuhkan, membebani, atau merusak, atau mengganggu penggunaan lainnya dari Layanan MyESB;
    2. Mengganggu, turut campur, menghalangi, merintangi kerja Layanan MyESB;
    3. Menyalin, mereproduksi, mengubah, memodifikasi, menciptakan karya turunan, atau menampilkan setiap konten secara publik dari Platform tanpa izin tertulis dari ESB, atau melakukan reverse engineering, atau mencoba untuk menemukan kode sumber yang berkaitan dengan Layanan MyESB atau alat di dalamnya;
    4. Melakukan upaya apapun yang sekiranya dapat menimbulkan kerugian baik materiil atau immateriil bagi Kami, dan/atau pengguna lain dari Platform, dan/atau pengguna lain dari Layanan MyESB;
    5. Memindahtangankan username dan/atau password atau informasi keamanan apapun yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan MyESB ke pihak lain tanpa persetujuan Kami;
    6. Mendistribusikan virus atau teknologi lainnya yang dapat membahayakan Kami, atau kepentingan atau properti dari Layanan MyESB.
    7. Menghindari langkah-langkah teknis yang Kami gunakan untuk menyediakan Layanan MyESB;
    8. Menggunakan Layanan MyESB untuk tujuan yang mengandung virus software, worm, trojan horses atau kode komputer berbahaya lainnya, file, script, agen atau program; dan
    9. Melakukan tindakan apapun termasuk dalam atau melalui Layanan MyESB yang dapat merusak atau mengganggu reputasi Kami.
  1. Pengguna dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa Kami tidak dapat dimintai pertanggungjawaban oleh Anda dan/atau pihak manapun atas hal-hal yang terjadi, termasuk tapi tidak terbatas pada:
    1. Kehilangan data;
    2. Kehilangan atau kerugian apapun jenisnya, terlepas dari bagaimana hal itu timbul dan apakah disebabkan oleh kelalaian, pelanggaran terhadap suatu perikatan atau lainnya, meskipun dapat diperkirakan sebelumnya;
    3. Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan data pribadi atau akun milik Pengguna yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang;
    4. Segala kerugian dan atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan/atau terdapat gangguan terhadap Layanan MyESB akibat terjadinya force majeure, yang termasuk tapi tidak terbatas pada:
      1. Bencana alam;
      2. Peristiwa kebakaran;
      3. Pemogokan;
      4. Perang;
      5. Huru-hara;
      6. Pemberontakan atau tindakan militer lainnya;
      7. Tindakan pihak yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan Layanan;
      8. Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Kami tidak dapat menyediakan Layanan; dan
      9. Adanya keputusan atau perubahan keputusan dari instansi terkait termasuk pemerintah yang berdampak pada pelaksanaan Layanan ini.
  1. Anda dengan ini secara tegas menyetujui serta menyatakan dan menjamin bahwa:
    1. Anda adalah individu yang secara hukum cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan hukum negara Republik Indonesia termasuk untuk mengikatkan diri dalam Syarat dan Ketentuan ini..
    2. Anda memiliki hak, wewenang dan kapasitas untuk menggunakan Layanan MyESB serta untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh Syarat dan Ketentuan ini;
    3. Jika Anda menggunakan Layanan MyESB atas nama suatu badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain, Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa Anda memiliki kapasitas, hak dan wewenang yang sah untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada mengikat badan hukum, persekutuan perdata atau pihak lain tersebut untuk tunduk pada seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini;
    4. Seluruh data baik yang telah Anda sampaikan atau cantumkan maupun yang akan Anda sampaikan atau cantumkan baik langsung maupun tidak langsung di kemudian hari atau dari waktu ke waktu adalah benar, lengkap, akurat terkini dan tidak menyesatkan serta tidak melanggar hak (termasuk tetapitidak terbatas pada hak kekayaan intelektual) atau kepentingan pihak manapun. Penyampaian data oleh Anda kepada Kami atau pada atau melalui Platform tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku serta tidak melanggar akta, perjanjian, kontrak, kesepakatan atau dokumen lain dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
    5. Layanan MyESB akan digunakan untuk kepentingan Anda sendiri atau untuk kepentingan badan hukum, badan usaha, persekutuan perdata atau pihak lain yang secara sah Anda wakili sebagaimana dimaksud huruf (c) di atas;
    6. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, Akun MyESB, OTP dan/atau kode keamanan, dan Anda karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan Akun MyESB kepada orang atau pihak manapun; dan
    7. Dalam atau pada saat menggunakan Layanan MyESB, Anda setuju untuk mematuhi dan melaksanakan seluruh ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk hukum dan peraturan perundang-undangan di negara asal Anda maupun di negara atau kota dimana Anda berada.
    8. Dengan menggunakan Layanan MyESB, Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Anda setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan Kami dan rekanan-rekanan Kami dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Anda.
Pasal 5: Tanpa Jaminan dan Pembatasan Tanggung Jawab
  1. Layanan MyESB disediakan dalam kondisi “as is” atau “apa adanya”. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan MyESB. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
    1. Fungsi Layanan MyESB (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
    2. Layanan MyESB dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik perangkat keras maupun lunak) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki;
    3. Penyediaan Layanan MyESB akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
    4. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Layanan MyESB dan sistem penunjangnya.
  2. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan MyESB, Platform, Akun MyESB dan/atau sistem yang terkait mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan (a) ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau (b) tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan. Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu transaksi yang disebabkan karena hal tersebut di atas.
  3. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan (a) Layanan MyESB tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau (b) Layanan MyESB (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan klaim kepada Kami.
  4. Kami dalam kondisi apapun tidak bertanggung jawab atas segala klaim dari pihak manapun termasuk Anda maupun atas kerugian Anda serta pihak manapun yang terjadi sebagai akibat dari atau sehubungan dengan:
    1. kehilangan data;
    2. kehilangan pendapatan, keuntungan atau pemasukan lainnya;
    3. kehilangan, kerusakan atau cedera yang timbul dari, atau sehubungan dengan penggunaan Anda atas Layanan MyESB atau atas ketidakmampuan atau kesalahan Anda dalam menggunakan Layanan MyESB; atau
    4. tuntutan maupun gugatan yang dialami oleh Anda yang mungkin timbul sebagai akibat penyampaian informasi dari Anda yang tidak lengkap/sesuai.
  5. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari:
    1. Penggunaan data oleh Kami berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Syarat dan Ketentuan ini;
    2. penggunaan Layanan MyESB (i) secara tidak sah, (ii) melanggar hukum yang berlaku, (iii) melanggar Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau (iv) untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya.
  6. Sebagai Pengguna Layanan MyESB, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun MyESB Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan sandi, kode OTP, dan Security Code yang Anda gunakan untuk login dan mengakses akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, direksi, dewan komisaris, karyawan, agen, dan/atau afiliasi Kami, dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun MyESB Anda.
  7. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim Anda atas ketentuan “Pembatasan Tanggung Jawab” ini (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
Pasal 6: Perlindungan dan Kerahasiaan Data

Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami akan dilakukan dengan tunduk kepada Syarat dan Ketentuan ini dan kebijakan privasi yang terdapat di: https://www.esb.id/id/kebijakan-privasi dan https://www.esb.id/en/kebijakan-privasi yang menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan dengan Syarat dan Ketentuan ini.

Pasal 7: Keadaan Kahar

Layanan dapat terhenti baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal tertentu yang disebabkan oleh atau timbul karena suatu kejadian Keadaan Kahar yang meliputi peristiwa-peristiwa di luar kekuasaan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada kebakaran, ledakan atau bencana lain, angin topan, blokade, perang, huru-hara, pemogokan atau gangguan perburuhan lain, kerusuhan/kegaduhan masyarakat, bencana alam, kebijakan pemerintah (“Keadaan Kahar”). Pengguna oleh karenanya telah setuju untuk melepaskan Kami dari setiap tuntutan dan klaim, jika Kami tidak dapat memenuhi Layanan MyESB baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena Keadaan Kahar.

Pasal 8: Hak Kekayaan Intelektual
  1. Layanan MyESB, termasuk nama, logo, kode, merek, desain, tampilan aplikasi, teknologi dan model bisnis layanan Kami dilindungi oleh hak cipta, merek, dan hak kekayaan intelektual yang berlaku berdasarkan peraturan yang belaku di negara Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi dari kami atau pihak pemberi lisensi, jika relevan) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Layanan MyESB, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual yang berhubungan dengannya. Setiap upaya untuk melanggar hak kekayaan intelektual yang diatur pada ketentuan ini memberikan hak kepada Kami untuk menyebabkan penghentian hak-hak Pengguna berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini. Penggunaan Layanan MyESB tidak dapat diartikan sebagai persetujuan atau pemberian hak atau lisensi apa pun kepada Anda oleh ESB, dan setiap bagian dari Layanan akan tetap menjadi milik ESB.
  2. Anda tidak diperkenankan untuk:
    1. Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian mana pun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi sistem Layanan MyESB (termasuk seluruh fitur Platform  dan sistem pendukung di dalamnya);
    2. Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apa pun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya;
    3. Menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Platform.
    4. Menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terdapat di dalam Layanan MyESB.
Pasal 9: Hukum yang Berlaku dan Penyelesaian Perselisihan
  1. Syarat dan Ketentuan ini dan pelaksanaannya diatur oleh dan tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia.
  2. Anda sepakat untuk menyelesaikan setiap perselisihan sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini secara musyawarah mufakat dengan ESB. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat dalam waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak diterimanya pemberitahuan tertulis oleh salah satu pihak dari pihak lainnya tentang timbulnya perselisihan, maka perselisihan dimaksud akan diselesaikan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
Pasal 10: Hubungi Kami

Anda dapat menyampaikan saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan terkait dengan Layanan MyESB kepada Kami setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 08.30 sampai 17.30 WIB melalui pesan Whatsapp ke Tim Finance kami di +6282298985660 atau mengirimkan email ke surat elektronik: [email protected]. Untuk menanggapi atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda, Kami akan melakukan verifikasi atas informasi atau data Anda. Kami berhak untuk menolak, memproses atau merespon saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dalam hal informasi atau data Anda tidak sesuai dengan informasi atau data yang tertera di sistem Kami. Kami akan melakukan verifikasi atas setiap saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan Anda dan memberikan tanggapan atau respon sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini setelah memperoleh saran, permintaan, keluhan atau pertanyaan yang lengkap dari Anda.

Pasal 11: Ketentuan Lain

Kami berhak untuk, dari waktu ke waktu, melakukan perubahan, penambahan, dan/atau modifikasi atas seluruh atau sebagian dari isi Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi dengan diumumkan melalui Layanan MyESB dan/atau situs yang dimiliki/dikelola ESB.